Ternyata Tidur Bersama Beberapa orang tua memandang tidur seranjang dengan bayinya bisa perkuat ikatan batin. Memang betul, tetapi perlu Bunda ketahui jika ini makin lebih aman dilaksanakan saat bayi telah berusia di atas umur satu tahun. Itu juga masih dengan berhati-hati dan dengan memperhatikan banyak hal.

Bila Sang Kecil masih berumur di bawah satu tahun, benar-benar tidak disarankan untuk Bunda untuk tidur seranjang dengannya. Resikonya dapat tampil waktu Bunda tidak sadar kembali tubuh dan menerpa Sang Kecil. Ini dapat menghalangi lajur pernafasannya dan membuat terjepit. Bahkan juga, Sang Kecil dapat jatuh dari tempat tidur sebab tergeser badan Bunda. Tentu saja ini beresiko sebab bisa tingkatkan resiko kematian tiba-tiba (SIDS). Ternyata Tidur Bersama

Sesungguhnya, kecuali rutinitas tidur seranjang, ada faktor-faktor yang tingkatkan sindrom kematian tiba-tiba pada bayi, yakni bayi yang lahir dari ibu perokok, minum alkhohol dengan jumlah yang terlalu berlebih, memakai obat sepanjang kehamilan dan sesudah melahirkan, dan mempunyai keluarga yang pernah merasakan SIDS.

Nah, sebab salah satunya pemicu timbulnya sindrom kematian tiba-tiba pada bayi ialah rutinitas tidur seranjang sama orang tuanya, dokter tidak menyarankan orangtua untuk tidur bersama bayi di kasur yang serupa, terutama bila umur bayi masih tidak cukup empat bulan.
Langkah Tidur Bersama Bayi yang Aman
Bila memang Bunda pengin tidur bersama Sang Kecil, karena itu ada
banyak hal yang perlu jadi perhatian untuk kurangi resiko bayi alami sindrom kematian tiba-tiba, salah satunya:
Bila bayi masih berumur kurang dari empat bulan seharusnya jauhi
tidur seranjang, tetapi Bunda bisa tidur sekamar dengan bayi dengan tempat tidur atau tempat tidur yang disiapkan spesial buatnya. Tidak disarankan tempatkan beberapa benda keras atau halus, seperti mainan, boneka, guling, di tempat tempat tidurnya.
Bila Bunda telah tidur seranjang dengan Sang Kecil, yakinkan status tidurnya terlentang dan jangan dibiarkan bayi tidur telungkup. Yakinkan baju yang dipakai nyaman dan tidak begitu tebal supaya Sang Kecil tidak kepanasan. Waktu Sang Kecil tidur, tidak boleh selimuti sisi kepalanya ya, Bun.
Jauhi tidur seranjang dengan Sang Kecil bila Bunda atau Ayah sedang
benar-benar capek, setelah konsumsi alkohol, atau memakai beberapa obat yang mengakibatkan mengantuk atau tidur nyenyak.
Yakinkan lingkungan kamar dan tempat tidur bersih, nyaman, bersuhu hangat, dan bebas dari asap rokok.