Penyebab Tuli konduktif Lalu, getaran itu selanjutnya menggairahkan beberapa sel saraf di telinga sisi dalam untuk meneruskannya ke otak. Proses penghantaran suara dari telinga ke arah saraf sampai dapat diolah oleh otak berikut yang membuat telinga dapat dengar.

Bila ada kerusakan atau masalah di bagian telinga itu, maka berlangsung masalah pendengaran. Salah satunya masalah pendengaran yang cukup kerap berlangsung ialah tuli konduktif. Penyebab Tuli konduktif

Pemicu Berlangsungnya Tuli Konduktif
Tuli konduktif ialah tipe tuli yang muncul karena ada masalah tulang pendengaran atau jaringan ikat di telinga, hingga tidak bisa mengantarkan suara secara baik. Selain masalah pada ke-2 sisi itu, tuli bisa juga dikarenakan oleh masalah saraf telinga atau otak (tuli sensorineural).

Pasien tuli konduktif umumnya susah dengar suara perlahan. Sedang suara yang lebih keras kemungkinan kedengar perlahan. Masalah pendengaran ini tersering berlangsung pada beberapa anak yang mempunyai infeksi telinga berulang-ulang atau yang kerap masukkan benda asing ke dalam aliran telinga mereka.

Apa saja pemicunya, tuli yang berlangsung secara mendadak atau dirasa makin lama makin berat ialah keadaan yang penting selekasnya dibawa ke dokter THT.
Untuk tentukan pemicu dan keparahan tuli konduktif, dokter akan
lakukan pengecekan fisik pada telinga, dan lakukan pengecekan pendukung, seperti test pendengaran, audiometri, CT scan, dan MRI telinga.
Pengatasan Tuli Konduktif
Pengatasan tuli konduktif akan disamakan dengan pemicu dan keparahan tuli yang dialami pasien. Untuk tangani tuli konduktif, umumnya dokter akan lakukan:
1. Pembersihan kotoran telinga
Ada banyak sistem untuk bersihkan kotoran telinga. Diantaranya ialah
irigasi telinga dengan menyemprotkan air garam steril (cairan saline) atau minyak mineral ke dalam telinga untuk mencairkan kotoran telinga. Langkah ini cuman dapat ditangani oleh dokter THT.
Bila pengin bersihkan telinga sendiri di dalam rumah, cari info
selanjutnya atau tanya ke dokter berkaitan langkah bersihkan telinga yang aman.
2. Penyembuhan infeksi telinga
Jika ada infeksi pada telinga sisi luar, tengah, atau dalam, dokter akan memberi penyembuhan antibiot
ik berbentuk obat tetes telinga atau obat minum.
Pada kasus tertentu, pembandinghan mungkin saja dibutuhkan bila
berlangsung luka telinga atau penimbunan nanah pada telinga tengah yang membuat gendang telinga radang dan lebam. Operasi ini dapat dilaksanakan untuk menolong keluarkan nanah dari rongga telinga dan menahan gendang telinga pecah.
3. Penempatan alat tolong dengar
Pemakaian alat tolong dengar ada yang ditaruh ada di belakang maupun di aliran telinga. Alat tolong dengar ini bekerja dengan
mengganti getaran suara jadi stimulan listrik untuk diterima oleh saraf pendengaran, hingga proses pendengaran dapat berjalan lebih lancar.