Mengenali Indra Penciuman Masalah indra penciuman ini bisa disebabkan karena bermacam factor, seperti penuaan, kerap merokok, luka kepala atau hidung, perombakan hormon, efek beberapa obat, sampai penyakit tertentu, seperti pilek, alergi, sinusitis, rhinitis, dan masalah mekanisme saraf dan otak.

Bermacam Langkah untuk Jaga Indra Penciuman
Bila indra penciuman terusik, maka tampil bermacam masalah kesehatan. Dimulai dari kesusahan atau mungkin tidak dapat nikmati sedapnya makanan, sampai tidak dapat mengetahui ada gas atau zat beresiko tertentu. Mengenali Indra Penciuman

Karena itu, kesehatan indra penciuman penting untuk dijaga. Ada cara-cara yang dapat dilaksanakan untuk mempertahankan kesehatan indra penciuman, yakni:
1. Menghindar penyebab alergi
Saat berlangsung reaksi alergi di hidung, rongga hidung akan akan meradang dan lebam. Bila hidung sering alami alergi, makin lama peranan indra penciuman akan terusik.
Jadi, bila Anda mempunyai alergi, upayakanlah untuk menghindar bermacam hal yang bisa memacu alergi Anda. Jika akan melancong ke luar rumah atau ke lokasi yang kotor, pakailah masker membuat perlindungan hidung.
Anda pun disarankan selalu menyiapkan beberapa obat untuk menangani tanda-tanda alergi yang dapat tampil kapan pun.
2. Bersihkan rumah secara teratur
Membersihkan semua sisi rumah, khususnya ruang tidur dan kamar mandi, minimal satu minggu sekali dengan sapu, mesin penghisap debu, atau lap bersih. Membersihkan juga tirai, sprei, sarung bantal guling, dan mainan anak dengan teratur. Janganlah lupa selalu untuk memakai masker dan sarung tangan, terlebih bila memakai pencuci yang memiliki kandungan bahan kimia.
Bila Anda memiara hewan piaraan, mandikan minimal satu minggu sekali sama air hangat dan shampo spesial binatang. Membersihkan juga kandang, tempat makan, dan tempat minumnya secara teratur.
3. Jaga kualitas udara
Kualitas udara di rumah perlu dijaga supaya tidak memunculkan masalah kesehatan Anda dan keluarga. Udara polusi bisa mengakibatkan iritasi atau infeksi pada hidung. Bila kerap berlangsung, ini dapat tingkatkan resiko untuk memunculkan masalah pada indra penciuman.