Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Keperluan tiap tipe gizi di periode kehamilan pasti berlainan dengan keperluan gizi waktu tidak hamil. Pada periode kehamilan, Anda membutuhkan tambahan 300 kalori dari makanan, khususnya di trismester ke-2 dan ke-3 . Disamping itu, ada pula beberapa mikronutrien yang Anda perlukan dengan jumlah semakin banyak waktu hamil.

Di bawah ini ialah daftar kandung gizi yang perlu untuk diprioritaskan di periode kehamilan: Pentingnya Memenuhi Kebutuhan

Makronutrien
Makronutrien adalah gizi yang memiliki kandungan kalori atau energi, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Perincian keperluan makronutrien waktu hamil dan faedahnya akan diterangkan di bawah ini.
Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber energi yang perlu untuk ibu hamil. Makanlah karbohidrat kompleks yang memiliki kandungan serat, supaya Anda terlepas dari sembelit. Contoh karbohidrat kompleks ialah nasi merah, roti gandum, kacang-kacangan, dan sayur dan buah, misalkan jagung dan durian.
Protein
Protein berperanan penting dalam perkembangan dan perubahan sel atau jaringan, terhitung sel otak janin. Disamping itu, protein menolong perkembangan jaringan payudara pada ibu hamil, dan tingkatkan supply darah pada tubuh.Keperluan konsumsi protein untuk ibu hamil ialah seputar 75-100 gr atau 2-3 jatah sumber protein setiap hari. Adapun sumber protein yang bagus untuk ibu hamil mencakup daging sapi tanpa lemak, ikan, daging ayam, daging domba, tahu, dan hati sapi.
Lemak
Waktu hamil, Bumil disarankan untuk konsumsi lemak. Tetapi, pilih sumber lemak baik atau lemak tidak jemu, seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, dan ikan salmon. Lemak baik yang memiliki kandungan omega-3 berperanan penting untuk memberikan dukungan perkembangan otak dan mata bayi saat sebelum lahir dan perubahan kognitif dan pandangan anak setelah kelahiran. Disamping itu, lemak menolong perkembangan plasenta dan jaringan yang lain, dan turunkan resiko berlangsungnya kelahiran prematur dan baby blues.