Migrain Berbeda dengan Banyak orang memandang migrain dan sakit di kepala samping ialah keadaan yang serupa. Tetapi sesungguhnya, ke-2 tipe sakit di kepala ini berlainan. Untuk mengenali selanjutnya tentang ketidaksamaan migrain dengan sakit di kepala samping, baca pembahasan ini.

Sakit di kepala adalah keluh kesah yang umum berlangsung. Sebagian besar orang pernah merasakan sakit di kepala dengan keluh kesah dan tingkat keparahan yang berbeda. Sakit di kepala dapat dirasa pada satu segi atau ke-2 segi kepala. Waktu dan frekwensi sakit di kepala bisa juga beragam, bergantung pada tipe dan pemicunya. Migrain Berbeda dengan

Sakit di kepala bisa disebabkan karena migrain bila nyerinya berdenyut, berintensitas sedang sampai berat, dan dibarengi dengan tanda-tanda mual, muntah, peka pada sinar atau suara. Keunikan lain dari migrain ialah:

Umumnya merasa sakit tampil pada salah satunya segi kepala saja, misalkan pada pelipis, belakang mata, muka, rahang, atau leher. Walau demikian, sakit di kepala pada migrain bisa juga saja dirasa pada ke-2 segi kepala.
Merasa sakit lebih buruk bila pasien beraktivitas, menyaksikan sinar, atau dengar suara. Pasien migrain akan condong cari lokasi yang tenang dan gelap untuk istirahat waktu gempuran sakit di kepala berlangsung.
Ada tanda-tanda awalnya (tanda-tanda prodromal) pada beberapa saat atau sekian hari saat sebelum gempuran berlangsung. Misalnya ialah pusing, leher kaku, resah, selera makan bertambah, atau stres.
Bisa dibarengi dengan aura (tanda-tanda masalah saraf), seperti timbulnya sinar, garis, atau titik abnormal pada pandangan, juga bisa berbentuk raibnya pandangan untuk sebentar. Disamping itu, pasien migrain dengan aura dapat alami kesusahan berbicara atau berasa kesemutan.
Sakit di kepala samping atau klaster headache ialah gempuran sakit di kepala yang berlangsung berulang-ulang sepanjang waktu periode tertentu (mingguan atau bulanan), dan terpusat pada tempat mata atau sekelilingnya. Nyerinya memiliki sifat tajam dan dilukiskan rasa seperti tertusuk pada bola mata. Keunikan sakit di kepala samping ialah: