Memahami Penyebab Bayi Waktu tumbuhnya gigi pasti berbeda untuk tiap bayi. Ada bayi yang giginya telah tumbuh di umur enam bulan, ada pula yang giginya telah tampil semenjak lahir, atau kerap disebutkan natal teeth, bahkan juga ada pula bayi yang giginya belum tumbuh sampai umurnya satu tahun.

Faktor-faktor yang mengakibatkan ketidaksamaan waktu tumbuh gigi pada bayi, terhitung belum tumbuhnya gigi sampai umurnya sembilan bulan salah satunya: Memahami Penyebab Bayi

1. Factor genetik
Factor genetik berperanan besar dalam tentukan cepat atau lambannya perkembangan gigi pada bayi. Bila Bunda atau bagian keluarga mempunyai kisah ketertinggalan perkembangan gigi, karena itu kemungkinan Sang Kecil akan alami hal tersebut.

Begitupun kebalikannya, jika Bunda atau bagian keluarga mempunyai kisah perkembangan gigi yang cepat, karena itu Sang Kecil kemungkinan mempunyai resiko alami hal sama.
2. Luka pada mulut bayi
Factor yang lain bisa juga memacu terlambatnya perkembangan gigi pada bayi sembilan bulan ialah trauma fisik atau luka pada mulutnya. Luka yang lumayan berat pada tempat mulut dan muka kemungkinan mengusik proses perkembangan gigi Sang Kecil.
3. Kekurangan nutrisi
Bayi yang kekurangan nutrisi condong alami ketertinggalan perkembangan gigi. Bukan hanya gigi, kekurangan nutrisi dapat mengusik banyak faktor perkembangan dan perubahan bayi.
4. Penyakit tertentu
Dalam kasus yang jarang ada, terlambatnya perkembangan gigi pada bayi sembilan bulan bisa disebabkan karena keadaan tertentu, seperti berat tubuh bayi yang begitu rendah, hipotiroidisme, dan anodontia.
Bagaimana Kita Tahu bila Sang Kecil Akan Tumbuh Gigi?
Beberapa orang tua kemungkinan kesusahan untuk mengawasi perkembangan gigi anaknya. Karena itu supaya lebih gampang, coba lihat beberapa sinyal berikut yang dapat memberikan indikasi perkembangan gigi pada Sang Kecil, misalnya:
Harus diingat, pertanda perkembangan gigi yang diperlihatkan oleh setiap bayi dapat berbeda. Bahkan juga pada beberapa kasus, bayi tidak memperlihatkan pertanda apa saja waktu giginya ingin tumbuh. Ini masih tetap terhitung normal dan tak perlu dicemaskan.