Inilah Penyebab BAB Walau biasanya tak perlu dicemaskan, tetapi BAB bayi berlendir bisa juga mengisyaratkan banyak hal yang penting dicurigai. Berikut akan diterangkan selanjutnya beberapa keadaan yang dapat memacu BAB berlendir pada bayi:

1. Alergi makanan
Bila bayi masih konsumsi ASI secara terbatas, dan alami BAB berlendir, coba penilaian makanan yang ibu konsumsi. Masalahnya makanan yang dimakan ibu sepanjang menyusui kadang punya pengaruh pada kualitas ASI. Inilah Penyebab BAB

Disamping itu, pada bayi yang sudah diberi MPASI, BAB bayi berlendir dapat dipacu oleh makanan yang dimakannya. Alergi makanan pada bayi, umumnya baru bisa dikenal waktu bayi mulai MPASI.
Kecuali BAB berlendir, alergi makanan pada bayi dapat diikuti dengan muntah, diare, atau tinja yang memiliki kandungan darah.
2. Infeksi
BAB bayi berlendir menjadi penanda aliran pencernaan Sang Kecil mengalami infeksi karena infeksi. Tetapi waktu alami infeksi, kecuali berlendir BAB bayi bisa juga berbeda warna jadi hijau, bahkan juga memiliki kandungan darah.
3. Tumbuh gigi
Tidak cuman membuat bayi rewel, tumbuh gigi bisa juga mengakibatkan BAB bayi berlendir. Saat tumbuh gigi, produksi air liur bisa bertambah, hingga tertelan oleh Sang Kecil.
Waktu air liur masuk di aliran cerna terlalu berlebih, aliran cerna bayi belum sanggup untuk mengolahnya secara baik. Ini bisa memacu infeksi enteng di usus, hingga produksi lendir di usus bertambah dan membuat tinja bayi jadi lebih berlendir.
4. Cystic fibrosis
BAB bayi berlendir bisa juga berlangsung pada Sang Kecil yang menanggung derita cystic fibrosis. Masalahnya abnormalitas bawaan ini bisa membuat badan menghasilkan lendir berlebihan. Kenaikan produksi lendir di aliran cerna akan mengakibatkan timbulnya BAB bayi berlendir, bahkan juga bau dan berminyak.
Nah, begitu keterangan mengenai pemicu BAB bayi berlendir. Keadaan ini harus ditangani sesuai pemicunya. Karena itu, bila bayi alami BAB berlendir dengan jumlah terlalu berlebih yang dibarengi keluh kesah dan tanda-tanda yang lain mengusik, bawa Sang Kecil ke dokter untuk dicheck dan diberi pengatasan yang tepat.