Ini Fakta Tentang Sayur Sayur organik ialah sayur yang dibudidayakan tanpa memakai bahan kimia apa saja, baik waktu proses pemupukan atau waktu penyemprotan hama.

Pada umumnya, ketidaksamaan di antara sayur organik dan non-organik bisa disaksikan dari banyak hal berikut: Ini Fakta Tentang Sayur

1. Penyeleksian bibit
Bibit atau benih sayur organik didapat dari tehnik budidaya tanaman alami, sedang bibit sayur non-organik dapat didapat hasil dari eksperimen atau persilangan genetik.

2. Proses pemrosesan tanah
Tanah tempat sayur organik ditanamkan biasanya diproses seminimal kemungkinan, hingga organisme yang ada didalamnya bisa hidup. Keuntungan lain proses dari ini ialah menyusutnya resiko kerusakan tanah.
3. Pemakaian pupuk
Sejumlah besar pemupukan sayur organik memakai pupuk kandang dan kompos bikinan sendiri, sesaat pemupukan sayur non-organik memakai pupuk kimia bikinan pabrik.
4. Pengaturan hama
Untuk mengatur gempuran hama, sayur organik tidak memakai zat kimia, seperti pestisida, tetapi cuman memakai tehnik alami untuk kurangi gempuran hama. Namun, hasil panennya tidak selamanya sukses, sebab gempuran hama tetap kemungkinan berlangsung. Factor berikut yang membuat harga sayur organik jadi lebih mahal dibanding sayur biasa.
Bukti Gizi Sayur Organik
Beberapa orang mengakui jika rasa sayur organik lebih nikmat. Kecuali dari hal rasa, sayur organik disebutkan berkadar anti-oksidan, vitamin C, zat besi, dan seng yang semakin tinggi dibanding sayur non organik. Tetapi, ini masih perlu ditunjukkan lewat riset selanjutnya.
Untuk beberapa macam sayur, seperti brokoli, kubis, bayam, selada, seledri dan kentang, versus organiknya dipandang lebih sehat, sebab versus non-organik dari tipe sayur-sayuran ini dijumpai meresap pestisida yang lumayan banyak.
Meskipun sayur organik mempunyai segudang keunggulan, masih lihat kebersihan dan kesegaran sayur organik saat sebelum Anda mengkonsumsinya. Selalu bersihkan lebih dahulu semua sayur yang pengin Anda konsumsi sama air mengucur. Disamping itu, kupas dan buanglah susunan paling luar dari sayur saat sebelum Anda memproses atau mengkonsumsinya.