Melahirkan Normal Adalah Makin menjelang hari prediksi lahir (HPL), badan Bumil akan menyiapkan diri untuk hadapi proses melahirkan normal. Ini diawali dengan perombakan hormon yang diikuti dengan berkurangnya hormon progesteron, sedang kandungan hormon lain seperti oksitosin, estrogen, dan prostaglandin bertambah.

Hormon-hormon itu berperan untuk memacu berlangsungnya kontraksi pada kandungan dan membuat serviks jadi lebih lunak dan tipis supaya gampang dilewati janin. Melahirkan Normal Adalah

Proses Melahirkan Normal
Proses melahirkan normal yang dirasakan setiap wanita tidak sama. Ada yang prosesnya panjang, ada yang cepat, ada yang dengan diawali kontraksi kuat, bahkan juga ada yang dengan diawali ketuban pecah awal.
Tetapi yang jelas, tiap wanita yang akan melahirkan akan melalui tiga tingkatan persalinan dan setiap tahapnya mempunyai kesan yang lain. Di bawah ini ialah beberapa tahap dalam proses melahirkan normal:
Pada step ini, Anda akan rasakan dorongan mengejan tiap kontraksi tampil. Keadaan ini mengidentifikasi jika bayi siap untuk dilahirkan. Kepala bayi juga telah nampak ada di mulut vagina (crowning).
Anda kemungkinan alami ngilu luar biasa sepanjang kontraksi sebab kepala bayi membuat jaringan di seputar vagina merenggang. Regangan dan proses mengejan ini bahkan juga dapat lumayan kuat sampai mengakibatkan robekan pada vagina.
Karenanya, pada step ini Bumil perlu mengendalikan pernafasan dan mengikut tutorial dari bidan atau dokter agar mengejan secara benar. Bila dibutuhkan, bidan atau dokter kemungkinan lakukan episiotomi untuk memperlebar jalan lahir.
Proses menggerakkan bayi keluar dari jalan lahir ini dapat memerlukan waktu beberapa waktu sampai beberapa saat. Tetapi pada umumnya, proses ini memerlukan waktu seputar 2 jam pada wanita yang baru pertamanya kali melahirkan. Sedang pada wanita yang pernah melahirkan, proses menggerakkan bayi umumnya akan memerlukan waktu bisa lebih cepat, yakni seputar 1 jam.