Informasi Seputar Lumbal LP bisa dilaksanakan ke orang dewasa, bayi, dan beberapa anak. Tetapi, pasien yang lagi hamil, alergi obat bius, atau yang lagi konsumsi beberapa obat tertentu, seperti obat pencair darah, perlu memberitahukannya ke dokter saat sebelum lakukan proses ini.

Arah dan Tanda-tanda Lumbal Pungsi (LP)
Proses lumbal pungsi bisa dilaksanakan selaku sistem analisis atau penyembuhan. Berikut beberapa arah dilakukan proses ini: Informasi Seputar Lumbal

Pengecekan contoh cairan otak dan saraf tulang belakang (cairan serebrospinal) lewat lumbal pungsi berguna untuk mengetahui abnormalitas pada mekanisme saraf, seperti infeksi, perdarahan, atau kanker. Beberapa penyakit yang bisa memerlukan lumbal pungsi untuk mendiagnosisnya ialah:

Saat sebelum lumbal punggsi dilaksanakan, pasien perlu memberitahukan ke dokter jika sedang atau sempat alami masalah pembekuan darah. Ini supaya dokter bisa memperhitungkan kompleksitas yang kemungkinan berlangsung.
Sebab obat bius akan diberi saat sebelum dilaksanakan lumbal pungsi, pasien perlu memberitahu dokter bila mempunyai alergi pada obat bius tertentu, untuk menahan reaksi alergi obat.
Pasien perlu memberitahukan ke dokter bila sedang memakai obat pencair darah, seperti aspirin atau warfarin. Obat pencair darah bisa mengakibatkan perdarahan waktu proses lumbal pungsi dilaksanakan. Karena itu, dokter umumnya akan minta pasien untuk hentikan konsumsi obat itu semenjak beberapa hari kemarin.
Penyiapan Saat sebelum Lumbal Pungsi (LP)
Waktu awalnya pengecekan, dokter akan bertanya kisah kesehatan pasien dan lakukan pengecekan fisik. Dokter akan lakukan beberapa pengecekan pendukung, seperti test darah, CT scan, atau MRI, bila dibutuhkan. Dokter dapat minta informed consent saat sebelum bertindak pungsi lumbal.
Pasien dianjurkan untuk tingkatkan konsumsi cairan dengan perbanyak minum air putih, semenjak dua hari saat sebelum proses lumbal pungsi dilaksanakan. Pasien perlu puasa sepanjang 3 jam saat sebelum proses, namun dibolehkan untuk minum air putih.
Untuk argumen keamanan dan kenyamanan, pasien seharusnya ditemani oleh keluarga atau famili sebab tidak dibolehkan bawa kendaraan sepanjang 24 jam sesudah proses.
Pasien seharusnya datang di dalam rumah sakit 1 jam saat sebelum proses dilaksanakan untuk mempersipkan diri. Pasien
akan disuruh untuk menukar baju dengan baju rumah sakit yang telah disiapkan. Karena itu, pasien seharusnya menggunakan baju dan alas kaki yang gampang dilepaskan pasang.