Gangguan Bipolar pada Skema perilaku dan emosi yang dipunyai anak memang condong belum konstan. Ada babak di mana anak jadi susah ditata, gampang tersinggung dan geram, atau bahkan juga melawan. Dalam banyak kasus, ini termasuk normal dan bukan penanda masalah mental.

Tetapi pada anak pasien bipolar, perombakan emosi dan sikap berlangsung benar-benar gampang, cepat, dan susah dia kontrol. Gangguan Bipolar pada

Bila tidak diobati, keadaan bisa memunculkan permasalahan, misalkan anak jadi tidak ingin sekolah, jalinan anak dengan keluarga atau temannya tidak serasi, kecondongan mencederai diri kita, bahkan juga membuat anak lebih beresiko untuk mempunyai kemauan bunuh diri atau ketagihan narkoba dan alkohol.

Sinyal dan Tanda-tanda Bipolar pada Anak
Tanda-tanda bipolar pada anak condong susah dikenal dan kerap kali susah diperbedakan dengan sikap normal pada beberapa anak. Beberapa tanda-tandanya bisa juga serupa dengan masalah psikis lain, seperti ADHD.
Walau begitu, orangtua perlu memperhatikan selanjutnya bila anaknya mulai memperlihatkan sikap yang ke arah masalah bipolar.
Salah satunya keunikan masalah bipolar pada anak ialah ada beberapa babak mood yang disebutkan adegan. Adegan bipolar ini terdiri jadi tiga babak, yakni adegan mania (naik), adegan stres (turun), dan adegan gabungan ke-2 nya.
Adegan mania diikuti dengan mood yang bertambah. Pada babak ini, anak dengan bipolar dapat rasakan semangat yang terlalu berlebih. Sesaat pada adegan stres, anak akan kehilangan semangat sampai patah semangat karena mood yang lagi turun.
Dua hal yang paling bertentangan itu tiba silih bertukar dalam periode saat yang tidak tersangka, dapat dalam hitungan waktu, hari, minggu, atau semakin lama kembali. Kadang, ada masa normal antara ke-2 adegan ini.
Anak yang mempunyai masalah bipolar bisa juga saja memiliki masalah dengan sikapnya. Meskipun begitu, beberapa gejala di atas tidak bisa jadi dasar khusus untuk menganalisis anak alami bipolar. Ini karena tidak seluruhnya masalah mood dan sikap mengisyaratkan jika anak alami masalah bipolar. Bisa saja tanda-tanda itu tampil karena permasalahan lain, misalkan stres pada anak.