Hal yang Perlu Pada anak yang telah duduk di kursi sekolah, anemia bisa juga memunculkan keluh kesah berbentuk kesusahan belajar atau susah fokus di kelas.

Sinyal dan tanda-tanda anemia pada anak kerap kali tidak unik dan dapat seperti penyakit yang lain. Karena itu, bila Anda merasakan beberapa keluh kesah di atas pada anak Anda, cepatlah kontrol ke dokter atau ke dokter anak pakar irito-onkologi agar ditegaskan pemicunya.

Dalam tentukan pemicu dan tipe anemia pada anak, dokter perlu lakukan pengecekan fisik dan pendukung, seperti test darah, inspirasi sumsum tulang, sampai pengecekan genetik bila anemia diduga disebabkan karena abnormalitas genetik. Hal yang Perlu

Pengatasan Anemia pada Anak yang Pas
Pengatasan anemia pada anak akan disamakan dengan pemicunya. Di bawah ini ialah beberapa pengatasan yang akan dilaksanakan oleh dokter untuk menangani anemia pada anak:
1. Pemberian suplemen zat besi dan vitamin
Bila anemia pada anak disebabkan karena kekurangan zat besi atau vitamin tertentu, seperti folat dan vitamin B12, karena itu dokter akan memberi resep suplemen zat besi atau vitamin itu berbentuk sirup, tablet, atau puyer. Jumlah pemberian suplemen pada anak akan disamakan dengan berat tubuh dan umur anak.
Kecuali pemberian suplemen, dokter akan menyarankan Anda untuk memberi Sang Kecil makanan yang kaya zat besi atau vitamin. Ini mempunyai tujuan untuk menolong badan anak hasilkan hemoglobin dan sel darah merah yang cukup.
2. Pemberian antibiotik atau obat cacing
Pada anemia yang disebabkan karena infeksi bakteri, dokter akan memberi antibiotik untuk membunuh bakteri pemicu infeksi itu. Sedang bila pemicunya ialah infeksi cacing, dokter akan memberi obat cacing untuk anak.
Anemia pada anak umumnya akan lebih baik sesudah infeksi terselesaikan. Tetapi untuk percepat pemulihan, berikanlah anak makanan yang bergizi, khususnya makanan yang memiliki kandungan zat besi dan vitamin B12.