Cairan Penting dalam Produksi cairan cerebrospinal orang dewasa seputar 500 mililiter setiap hari. Sedang pada beberapa anak berumur 4-13 tahun, produksinya seputar 65-150 ml setiap hari. Cairan ini akan diserap dan diganti dengan cairan yang baru tiap 6-8 jam.

Abnormalitas pada Cairan Serebrospinal
Bila berlangsung infeksi pada otak atau tulang belakang, cairan serebrospinal dapat berbeda warna dan jadi kotor. Ini bisa mengisyaratkan ada infeksi atau penimbunan beberapa sel darah putih dan protein. Cairan Penting dalam

Kecuali kandung didalamnya, kesetimbangan di antara produksi dan peresapan cairan serebrospinal adalah poin penting. Sebab cairan serebrospinal dibikin secara terus-terusan, bila peresapan dan salurannya terhalang, cairan ini dapat menimbun dalam rongga otak dan pada akhirnya memunculkan hidrosefalus.

Pada bayi dan beberapa anak, hidrosefalus umumnya diikuti dengan pembesaran ukuran lingkar kepala.

Pengatasan Abnormalitas Cairan Serebrospinal
Abnormalitas cairan serebrospinal akan diatasi sesuai pemicunya. Bila pemicunya ialah infeksi, dokter akan memberi penyembuhan yang seperti tipe infeksinya. Untuk menahan infeksi, Anda dapat lakukan vaksinasi.
Bila abnormalitas cairan serebrospinal berbentuk masalah produksi dan saluran, sama seperti yang berlangsung pada hidrosefalus, kemungkinan dibutuhkan perlakuan pembandinghan. Dua sistem operasi yang umumnya dilaksanakan ialah operasi penempatan shunt dan endoscopic third ventriculostomy (ETV).
Cairan serebrospinal mempunyai peranan yang penting untuk kerja otak. Karena itu, bila ada keluh kesah yang dapat mengisyaratkan masalah pada cairan ini, seperti ngilu kepala yang lama-lama semakin berat, muntah, dan pengurangan kesadaran, cepatlah kontrol ke dokter untuk memperoleh pengatasan yang tepat.
Apa Anda ketahui apakah itu cairan serebrospinal? Cairan ini penting sebab berperan membuat perlindungan otak. Karena itu, masalah pada cairan ini dapat mengakibatkan masalah pada peranan otak juga.
Formasi cairan serebrospinal yang normal ialah 99 % air, bekasnya terbagi dalam. protein, glukosa sel mononuclear, elektrolit, enzim, dan sel darah putih (leukosit). Sebab beberapa besarnya ialah air, cairan ini mempunyai warna yang jernih atau bening.