Begini Cara Membersihkan Pusar bayi yang telah puput tali pusatnya masih perlu dijaga kebersihannya supaya terlepas dari infeksi. Nah, supaya Bunda tidak keliru dalam bersihkan pusar Sang Kecil, baca triknya di bawah ini.

Langkah Bersihkan Pusar Bayi
Berikut ini ialah beberapa langkah bersihkan pusar bayi yang dapat Bunda kerjakan di dalam rumah: Begini Cara Membersihkan

Cara 1: persiapkan perlengkapan
Saat sebelum bersihkan pusar bayi, persiapkan dahulu semua perlengkapannya, seperti kapas, handuk halus, sabun bayi, dan air hangat. Waktu Bunda mempersiapkan perlengkapan itu, yakinkan Sang Kecil tidak ditinggal sendirian. Minta pasangan untuk memantaunya. Jika memang perlu, Ayah dapat turut belajar bersihkan pusar Sang Kecil.

Cara 2: cuci tangan sampai bersih
Bersihkan tangan dengan sabun dan air mengucur saat sebelum bersihkan pusar bayi. Perlakuan ini perlu dikerjakan supaya pusar Sang Kecil terlepas dari resiko infeksi karena kuman-kuman yang berada di tangan Bunda.
Cara 3: membersihkan pusar bayi secara perlahan-lahan
Bila semua siap, membersihkan pusar bayi secara perlahan-lahan memakai kapas. Upayakan tidak boleh begitu didesak ya, Bun. Bahan yang terbaik dipakai saat membersihkannya ialah sabun bayi dan air hangat. Tidak boleh memakai alkohol sebab bisa mengakibatkan iritasi pada pusar bayi dan tempat kulit disekelilingnya.
Cara 4: keringkan tempat pusar bayi
Sesudah dibikin bersih, keringkan pusar bayi dengan handuk yang bersih. Triknya, tepok-tepuk secara perlahan-lahan tempat seputar pusar sampai betul-betul kering. Ingat, tidak boleh menggosoknya dengan handuk sebab bisa mengakibatkan pusar Sang Kecil terluka. Sesudah dikeringkan, yakinkan popok yang dipakai tidak tutupi tempat tali pusar bayi.
Bunda sesungguhnya bisa juga bersihkan pusar saat lagi memandikan Sang Kecil. Membersihkan pusar dengan handuk yang halus sesudah Bunda membersihkan rambut, muka, leher, dan dada Sang Kecil. Membersihkan pusar bayi secara perlahan-lahan, lalu basuh sama air bersih.
Kecuali jaga supaya tali pusar masih bersih dan kering, Bunda disarankan untuk teratur menjemur Sang Kecil waktu udara hangat. Diamkan Sang Kecil cuman memakai popok dan pakaian kendur waktu dijemur hingga percepat proses pengeringan.
Bunda seharusnya tidak coba menarik tali pusar bayi walaupun keadaannya nyaris puput. Sudah disentil awalnya jika tali pusar akan puput dalam kurun waktu 7-21 hari dan akan tinggalkan cedera kecil yang akan pulih sendirinya cuman dalam kurun waktu sekian hari.
Perlu dicatat jika saat sebelum Bunda mengaplikasikan langkah bersihkan pusar bayi di atas, sebaiknya Bunda mengecek terlebih dahulu kondisi pusar Sang Kecil. Bila ada pertanda infeksi pada pusarnya, seperti kemerahan, bau, bernanah, atau berdarah, cepatlah membawa kontrol ke dokter anak.