Penyebab Sperma Encer tabilitas normal air mani waktu ejakulasi ialah kental serupa gel, dengan volume rerata 2-5 ml. Tetapi pada waktu 15-30 menit sesudah keluar dari aliran mani, air mani yang kental bisa menjadi encer untuk mendukung gerakan sperma dalam membuahi sel telur. Dapat disebut, ini termasuk normal.

Air mani normal awalannya kental saat pertamanya kali keluar dan jadi encer sesudah 15-30 menit pascaejakulasi. Air mani yang masih kental akan membuat sperma susah untuk bergerak. Bila dalam kurun waktu itu sperma masih kental dan tetap sama encer, peluang ini bisa menyulitkan kehamilan.
Fokus sperma Penyebab Sperma Encer

Jumlah sperma yang normal seputar 20 juta ataupun lebih per milliliter (mL) air mani. Jika kurang, pembuahan dengan alamiah dapat lebih susah terwujud.
Gerakan sperma
Disebutkan normal bila sesudah satu jam ejakulasi, minimum 50 % sperma di air mani masih aktif bergerak atau berenang. Gerakan ini penting untuk kesuburan sebab sperma harus bergerak ke arah sel telur supaya berlangsung pembuahan.
Morfologi sperma
Ini ialah riset untuk menghitung panjang sperma, wujud, dan performa sperma. Morfologi sperma disebutkan normal jika minimal 50 % dari keseluruhnya sel sperma mempunyai ukuran, wujud, dan panjang yang normal.
Makin tinggi jumlah sel sperma yang berupa tidak normal (misalkan begitu pendek, panjang, atau cacat), makin tinggi juga peluang seorang pria alami permasalahan kesuburan.
Keadaan keasaman (pH) air mani
Tingkat keasaman bisa mempengaruhi kesehatan dan gerakan sperma. Tingkat keasaman (pH) normal air mani sekitar di antara 7.2 – 7.8. Jika di atas 8.0, ini kemungkinan memberikan indikasi infeksi. Sedang di bawah 7.0 bisa disebabkan karena kontaminasi urine atau ada sumbatan pada aliran mani.
Fruktosa berperanan selaku sumber energi untuk gerakan sperma. Kandungan fruktosa yang rendah dapat memberikan indikasi sumbatan. Fokus fruktosa pada air mani umumnya ialah 150 miligram per 1 desiliter air mani.
Pada pengecekan riset air mani, jumlahnya sperma bisa dikuasai oleh faktor-faktor. Factor itu salah satunya lama waktunya waktu di antara ejakulasi dan diawalinya riset contoh air mani, dan proses penyimpanan dari waktu ejakulasi sampai pengecekan dilaksanakan di laboratorium.