Ini Cara Mengontrol Bila saat sebelum hamil Bumil mempunyai berat tubuh kurang atau underweight, karena itu waktu hamil, Bumil perlu meningkatkan berat tubuh seputar 12-18 kg. Sedang bila awalnya mempunyai berat tubuh berlebihan atau overweight, dianjurkan untuk meningkatkan berat tubuh seputar 6-11 kg waktu hamil.

Langkah Mengatur Berat Tubuh Waktu Hamil
Standard peningkatan berat tubuh itu dibikin supaya kesehatan Bumil dan janin dalam kandung selalu terlindungi. Karena bila berat tubuh Bumil kurang, resiko kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat tubuh rendah condong bertambah. Ini Cara Mengontrol

Bayi yang lahir dengan berat tubuh rendah, umumnya lebih rawan alami penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes di masa datang.
Demikian juga bila Bumil alami berat badan yang berlebih. Resiko untuk alami keguguran, preeklamsia, dan melahirkan dengan proses caesar condong alami kenaikan.
Sebab resiko itu tidak dapat diremehkan, Bumil perlu mengatur peningkatan berat tubuh secara baik. Triknya yakni dengan mengaplikasikan beberapa hal berikut:
1. Makan dengan jatah yang kecil tetapi kerap
Bumil kerap makan dalam jatah besar? Ganti rutinitas ini, yok. Dibanding makan dalam jatah yang besar, lebih bagus makan dalam jatah kecil tetapi kerap. Karena, langkah ini bisa kurangi kemauan untuk makan dengan jumlah yang berlebihan.
2. Konsumsi makanan sehat
Untuk mengatur berat tubuh, Bumil dianjurkan untuk konsumsi makanan sehat. Makanan sehat yang direferensikan bermacam, dimulai dari karbohidrat (nasi, sereal, atau pasta), protein (ikan, kacang, atau telur), sampai lemak baik (jagung dan minyak zaitun).
Disamping itu, yang juga sangat penting ialah konsumsi sayur dan buah tiap hari sebab ke-2 nya memiliki kandungan mineral dan vitamin yang diperlukan oleh badan.
3. Mengatur selera makan waktu ngidam
Ngidam waktu hamil adalah hal yang normal, tetapi bukan bermakna Bumil harus mengikuti semuanya yang diharapkan. Bumil perlu memisah apa yang seharusnya dimakan dan apa yang terbatasi atau dijauhi.
Jika memang perlu, tanyakan pada dokter kandung untuk pastikan apa minuman dan makanan yang Bumil idamkan, bisa dimakan atau mungkin tidak.