Pilihan Terapi Telinga Untuk jaga kebersihan dan kesehatan telinga, terdapat beberapa pilihan therapy telinga yang dapat dilaksanakan oleh dokter, terapi, atau dilaksanakan sendiri di dalam rumah. Tetapi, berhati-hati. Tidak seluruhnya therapy itu aman dan bisa dibuktikan efisien.

Bermacam Opsi Therapy Telinga yang Aman
Di bawah ini ialah beberapa opsi therapy telinga yang bisa dibuktikan aman untuk mempertahankan kesehatan telinga: Pilihan Terapi Telinga

Irigasi telinga
Irigasi telinga adalah perlakuan untuk bersihkan liang telinga dari kotoran atau benda asing. Therapy ini dilaksanakan dengan mencuci aliran telinga luar sama air steril atau cairan saline steril. Pilihan Terapi Telinga

Irigasi telinga seharusnya dilaksanakan oleh dokter supaya lebih aman. Saat sebelum lakukan proses ini, dokter akan mengecek kondisi telinga lebih dulu dengan alat yang disebutkan otoskop, buat pastikan irigasi telinga aman untuk dilaksanakan. Kemudian, baru dilaksanakan penyemprotan air steril atau cairan saline ke dalam telinga.

Therapy telinga ini tidak dianjurkan untuk orang yang lagi alami infeksi pada telinga, pernah merasakan infeksi akut atau infeksi berulang-ulang pada telinga, pernah jalani operasi telinga, atau orang yang gendang telinganya robek.
Akupunktur telinga
Bila irigasi telinga lebih berguna dan aman untuk bersihkan kotoran
telinga, karena itu therapy akupunktur telinga mempunyai faedah yang lebih luas. Akupunktur telinga ialah therapy tradisionil asal Cina yang dilaksanakan dengan menusukkan jarum ke beberapa titik tertentu di telinga.
Therapy ini di-claim mempunyai bermacam faedah untuk kesehatan, salah satunya untuk menangani insomnia, arthritis, ngilu
pascaoperasi, sakit di kepala, migrain, dan sembelit. Satu riset bahkan juga memperlihatkan jika therapy akupunktur telinga bisa menangani demensia pada lanjut usia. Disamping itu, therapy ini dipercaya dapat menolong orang untuk stop merokok.
Bermacam faedah itu masih perlu ditelaah selanjutnya. Walau demikian, akupunktur adalah therapy yang aman untuk dilaksanakan. Tetapi dengan catatan, therapy ini dilaksanakan oleh terapi yang
mempunyai sertifikat dan kapabilitas dalam sektor akupunktur, dan memakai jarum akupunktur yang steril dan perlengkapan yang bersih.