Bunda Begini Cara ASI yang baru diperah dan tersimpan dalam temperatur ruang seharusnya diminum oleh bayi saat sebelum 4 jam. Sedang ASI yang tersimpan di cold packs seharusnya diminum kurang dari satu hari, apabila tersimpan di almari pendingin dengan temperatur 4 derajat Celcius seharusnya tidak diminum kembali sesudah 4 hari. Tetapi bila tersimpan di freezer dengan temperatur -18 derajat Celcius ataupun lebih dingin, ASI bisa bertahan sampai 6-12 bulan.

Tanda-Tanda ASI Basi yang Perlu Bunda Lihat
Saat sebelum memberi ASI ke Sang Kecil, kecuali mengecek telah berapakah lama ASI tersimpan, Bunda perlu memperhatikan dahulu ada atau tidaknya beberapa sinyal ASI basi berikut: Bunda Begini Cara

ASI tidak larut waktu botol digoyangkan-goyang perlahan-lahan
ASI perah yang tersimpan pada suhu ruangan atau dalam kulkas biasanya akan terdiri jadi dua susunan. Pada susunan atas, ASI umumnya memiliki warna putih kekuningan dengan struktur kental. Sedang di susunan bawah, ASI warna lebih bening dengan struktur lebih encer.
Ini normal sebab kandung lemak ASI lebih enteng dan akan naik ke sisi atas seperti minyak bersatu sama air. Nah, pada ASI fresh, susunan ini semestinya kembali bersatu waktu tempat digoyangkan-goyang perlahan-lahan (tak perlu dikocak). Jika susunan tidak bersatu, apa lagi terlihat gumpalan didalamnya, ASI Bunda kemungkinan telah basi.
ASI beraroma tengik atau masam
Wewangian ASI serupa seperti wewangian susu sapi. Kalau sudah tersimpan dan dipeti-eskan, wewangiannya dapat sedikit asam. Ada pula ASI yang beraroma “seperti sabun”. Wewangian ini normal sebab adalah sinyal perpecahan lemak karena tingginya kandungan enzim lipase.
Yang penting jadi perhatian dan adalah sinyal ASI basi ialah jika wewangiannya beralih menjadi benar-benar asam, menusuk, dan tengik. ASI perah dengan berbau semacam ini seharusnya tidak boleh dikasih ke Sang Kecil ya, Bunda.
ASI merasa seperti susu basi
Kecuali memperhatikan stabilitas dan wewangiannya, Bunda perlu mencicipinya. ASI yang baik berasa manis dan enteng. Ada yang menjelaskan rasanya serupa dengan susu sapi, tetapi berasa lebih encer. Beberapa ASI juga samar-samar mempunyai seperti rasa makanan yang Bunda makan setiap hari.