Beberapa Makanan Tinggi Bila banyaknya terlalu berlebih, radikal bebas bisa mengakibatkan kerusakan beberapa sel badan dan kerap kali dihubungkan dengan bermacam tipe penyakit, seperti diabetes, katarak, penyakit jantung, dan kanker.

Untuk menahan kerusakan sel karena radikal bebas yang menimbun pada tubuh, Anda perlu konsumsi makanan bergizi yang kaya anti-oksidan. Beberapa Makanan Tinggi

Tipe Anti-oksidan dan Macam Makanan Tinggi Anti-oksidan
Di bawah ini ialah beberapa macam anti-oksidan berikut makanan yang kaya kandung anti-oksidan itu:

Flavonoid ialah sekumpulan zat kimiawi yang banyak diketemukan pada buah, sayur, dan akar tumbuhan. Flavonoid mempunyai karakter anti-oksidan yang bisa mencegah dampak radikal bebas dan kurangi infeksi.
Beberapa studi mengatakan jika konsumsi makanan tinggi anti-oksidan yang memiliki kandungan flavonoid bisa menahan penyakit jantung, kanker, stroke, dan diabetes. Walau demikian, masih diperlukan riset selanjutnya untuk menunjukkan dampaknya secara medis pada manusia.
Flavonoid terdapat banyak pada makanan atau minuman tinggi oksidan, seperti teh, coklat hitam, kacang kedelai, dan buah dan sayur, terhitung apel, jeruk, mangga, jambu, sirsak, bayam, dan brokoli.
2. Antosianin
Antosianin adalah zat warna yang yang memberi warna merah, ungu, oranye, hijau, dan biru pada tumbuhan. Zat ini terhitung dalam kelompok anti-oksidan flavonoid.
Antosianin dipercaya bisa menahan tersumbatnya pembuluh darah, penyakit jantung, kanker, diabetes, masalah metabolisme, dan menolong menantang infeksi. Senyawa ini nampak bagus untuk memiara kesehatan otak, saraf, dan mata.
Beberapa macam makanan tinggi anti-oksidan yang memiliki kandungan antosianin diantaranya tomat, anggur, delima, ketan hitam, kacang merah, paprika, dan buah berikan.
3. Beta karoten
Karakter anti-oksidan pada beta karoten bagus untuk memiara kesehatan mata, kulit, dan organ reproduksi, dan jaga ketahanan badan supaya kuat menantang infeksi. Pada tubuh, beta karoten akan dibuat jadi vitamin A.
Sejumlah besar anti-oksidan beta karoten bisa diketemukan dalam buah-buahan dan sayur yang warna merah, jingga, atau kuning.
Contoh makanan tinggi anti-oksidan yang banyak terkandung beta karoten ialah wortel, ubi, labu, tomat, buat bit, semangka, paprika, dan cabai. Tetapi, ada banyak sayur hijau yang memiliki kandungan beta karoten, seperti bayam, brokoli, dan kacang polong.
error: Content is protected !!